Tempo dan Dinamika dalam Musik

1. Tempo

Tempo adalah waktu; kecepatan; kecepatan dalam ukuran langkah tertentu; kecepatan dengan membandingkan gerak atau gerak tari tertentu. Tempo biasanya terletak di bagian kiri atas sebuah partitur, di bawah penulisan nada dasar lagu tersebut. Tanda ini digunakan untuk menyatakan kecepatan yang tepat, atau dianjurkan sang komposer, untuk memainkan atau menyanyikan sebuah karya musik. Cara terbaik untuk mengikuti tempo yang diinginkan adalah dengan menggunakan sebuah metronome yaitu alat pengukur kecepatan (tempo), sebuah alat yang bekerja dengan menggunakan prinsip bandul jam, menunjukkan berapa hitungan yang didapat dalam waktu satu menit. Berikut kita akan melihat pembagian ketetapan tempo dalam setiap menit:

Nama                          Keterangan Langkah permenit

  1. Grave lambat, berat, tenang dan sopan         40-44
  2. Largo lambat, lebar, dan luas                        44-48
  3. Lento lambat                                                 50-54
  4. Adagio lambat, lebih lambat dari andante 54-58
  5. Larghetto lambat, lebar, tidak selambat largo 58-63
  6. Adagietto lambat, tidak selambat adagio 63-69
  7. Andante sedang, langkah santai                        69-76
  8. Andantino lebih cepat dari andante 76-84
  9. Maestoso agung, penuh kemuliaan                     84-92
  10. Moderato sedang, lebih cepat dari andante 92-104
  11. Allegreto mirip namun tidak secepat allegro 104-112
  12. Animato penuh semangat                                  116-126
  13. Allegro riang, cepat                                          126-138
  14. Assai (Allegro Assai)   sangat; amat; banyak                           138-152
  15. Vivace hidup, lincah, cepat                             152-168
  16. Vivace quasi presto sangat vivace 168-176
  17. Presto sangat cepat                                        176-192
  18. Prestissimo paling cepat                                         192-208

Dalam penggunaannya, tempo diberikan agar komposer bisa menyampaikan kepada mereka yang memainkan atau menyanyikan karyanya mengenai kecepatan yang dia inginkan untuk karya musiknya. Pengguna karya tersebut harus menyesuaikan diri terhadap tempo yang diinginkan agar maksud yang ingin disampaikan sang komposer bisa tercapai.

Selain di atas, masih ada tanda lain yang digunakan untuk mempercepat atau memperlambat tempo:

  1. Rittardando (rit.), artinya semakin lambat
  2. Accelerando (accel.), artinya semakin cepat

2. Dinamik

Dinamik adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan keras dan lembutnya permainan sebuah karya musik. Ada beberapa tanda dinamik yang umum digunakan dalam karya musik:

Tanda             Keterangan

pp                    pianissimo sangat lembut

p                      piano lembut

mp                   mezzo piano agak lembut

mf                    mezzo forte agak keras

f                       forte keras

ff                      fortissimo sangat keras

Tanda dinamik sangat diperlukan agar sebuah karya musik tidak menjadi monoton atau datar. Pemain musik atau penyanyi yang baik akan selalu mengikuti dinamika lagu yang diberikan. Terkadang, sang pemimpin orkes atau paduan suara harus menginterpretasikan sendiri lagu yang akan dibawakan, dan memberi tanda dinamik atas lagu itu agar makna dari lagu itu lebih bisa ditangkap oleh penikmatnya.

Selain di atas, masih ada tanda lain yang digunakan untuk menyatakan bahwa suara makin keras atau sebaliknya:

  1. Crescendo (cres.),                   artinya semakin keras.
  2. Decrescendo,                          artinya sebagai lawan dari crescendo yang artinya semakin lembut.
  3. Diminuendo (dim.),                  artinya semakin lembut. Fungsinya sama dengan descresendo, tetapi bukanlah lawan crescendo, melainkan tanda dinamik yang berdiri sendiri. Di dalam dinamik forte yang tidak diawali crescendo, maka istilah semakin lambat yang digunakan adalah diminuendo.

Viewed 104912 times by 37466 viewers

25 Comments

  1. mebantu dalam mengerjakan tugas.

  2. pencipta lagu BERLABUH adalah????

  3. PENCIPTA LAGU POTONG BEBEK ANGSA APA……

  4. Really really help me , for my task
    :)

  5. Pencipta Lagu Syukur Apa YAh ???

  6. Akhir’nya ada juga pengertian tempo sama dinamik

    ┏̲M̶̲̥̅̊┓̲┏̲A̶̲̥̅̊┓̲┏̲K̶̲̥̅̊┓̲┏̲A̶̲̥̅̊┓̲┏̲S̶̲̥̅̊┓̲┏̲i̶̲̥̅̊┓̲┏̲H̶̲̥̅̊┓̲ °♧ȋȋ̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊♧° ​

  7. Bila lagu mendapatkan tanda dolce artinya..?

  8. pusing sekali

  9. really2x help me….

  10. Oy! Ngapain nanya pencipta lagu? G ada hubungan sama tempo n dinamika!!!! Ehmm…. Membantu banget. Tapi tempo itu kan KAYAKNYA bukan cuma segitu. Soalnya kata guruku tempo ada buanyaakkk…….. banget! Dinamiknya juga. Ada sf, yaitu super forte, artinya sangat amat keras. Hmm… Dan.. Itu aja deh. Soalnya guruku punya buku kamus yang isinya semua tentang tanda, dinamik, dll. Sejujurnya, web ini keren banget. Thanks banget yah pak/bu!!!!

  11. nggak ngerti

  12. makasih… bantu bgt sumpah, soalnya bsk ulangan….

  13. Gak ngerti

  14. makasih, bisa bikin tugas nih..

  15. aku gak ngerti itu

  16. Secret : super forte? Sok tau bgt.. gue sekolah musik SF itu gaada woy!

  17. maaf mau nanya, sumber tulisan ini dari mana om? (nanya ajah piss)

  18. melmel : numpang koreksi :) sf itu ada tp bukan “super forte” namun “sforzando”..

  19. mars merupakan tempo ap ya??

  20. sangat membantu untuk kami pelatih – pelatih amatir paduan suara :)

It will be great to have your reply here