Ranking Universitas Dan Hogeschool Di Belanda

via Binsar Pakpahan by binsar on 2/1/10

Saya ingin berbagi informasi mengenai universitas/hogeschool yang baik bagi teman-teman yang ingin melanjutkan studi lanjut/studi sarjana di Belanda. Informasi ini saya sampaikan berdasarkan dua sumber:

1. The QS University Ranking tahun 2009 untuk ranking universitas dalam skala global,

Secara global Universitas terbaik di Belanda adalah:

1. Universiteit van Amsterdam (UvA) posisi 49
2. Universiteit Leiden posisi 60
3. Universiteit Utrecht posisi 70
4. Technische Universiteit Delft posisi 83
5. Erasmus Universiteit posisi 108
6. Universiteit Maastricht posisi 116
7. Technische Universiteit Eindhoven posisi 120
8. Universiteit Groningen posisi 138
9. Wageningen Universiteit posisi 155
10. Vrije Universiteit Amsterdam posisi 165

Ada beberapa skala yang dipakai untuk mengukur tingkat keberhasilan sebuah universitas, dan faktor terbesar adalah jumlah artikel yang diterbitkan. Untuk itu kita harus juga memperhatikan bahwa 19 universitas yang berada di tingkat atas adalah mereka yang memiliki bahasa pengantar Inggris. Dari 50 universitas teratas, hanya beberapa yang berasal universitas yang berada di negara non-bahasa inggris sebagai bahasa pengantar: 4 berbahasa Perancis (2 di Perancis dan 2 di Swiss), 3 berbahasa Jepang, 1 berbahasa Korea, 1 berbahasa Cina, dan 1 berbahasa Belanda. Hal ini tentunya berhubungan dengan jumlah publikasi yang mereka lakukan di dalam bahasa Inggris, yang menjadi kriteria natural untuk banyaknya publikasi yang diterbitkan di jurnal internasional.

Untuk bidang Social Sciences, maka yang terbaik di Belanda adalah: Universiteit van Amsterdam/UvA (rank 32), Leiden (51), Erasmus (54), Maastricht (65), Utrecht (100), dan VU Amsterdam (133).
Untuk bidang Technology: Delft (15) dan Eindhoven (49).
Untuk bidang Life Sciences dan Biomedicine: UvA (56), Leiden (75), Utrecht (84), VU (110).
Untuk bidang Natural Sciences: Utrecht (35), Leiden (58), TU Delft (73), UvA (85).
Untuk bidang Art and Humanities: Leiden (29), UvA (31), Utrecht (65), Groningen (111).

2.Keuzegids Universiteit Ranglijst 2008 untuk daftar yang dikeluarkan institusi di Belanda.

Berdasarkan ranking yang diberikan oleh institusi Belanda, maka beberapa Universitas menawarkan bidang studi spesialisasi mereka. De Erasmus Universiteit Rotterdam dan Universiteit van Amsterdam adalah yang terbaik di bidang psikologi, politik, dan ekonomi. Untuk bidang psikologi dan ekonomi, Universiteit Maastricht, Vrije Universiteit Amsterdam, Rijksuniversiteit Groningen en de Universiteit van Tilburg memperoleh status excellence. Universiteit Leiden memiliki spesialisasi di bidang psikologi dan politik, sedangkan Radboud Universiteit Nijmegen dan Universiteit Utrecht di bidang psikologi saja dan Wageningen Universiteit di bidang ekonomi saja.

Artikel mengenai daftar universitas dan bidang studi terbaik yang mereka tawarkan di Science Guide bisa anda baca di sini.

Apabila anda ingin mengambil studi di salah satu HBO/Hogeschool di Belanda, maka ada baiknya anda mempertimbangkan ranking yang diberikan oleh lembaga penilai institusi pendidikan Belanda ini.

Share on FacebookShare on Facebook

Views Counter v.0.10 Viewed 2163 times by 448 viewers

Viewed 15985 times by 5071 viewers

One Comment

  1. kalo terbaik hukum, kira2 universitas yang mana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *