Lagi Tentang Interrail Pass Dan Eurorail Pass

Oct 18, 2009 12:19 AM

 

by binsar

Ada dua jenis tiket kereta yang bisa dibeli untuk dipakai keliling Eropa: Eurorail (http://www.eurail.com/eurail-passes) itu untuk mereka yang tinggal di luar Uni Eropa, dan Interrail (http://www.interrailnet.com/interrail-global-pass-order?currency=eur) berlaku untuk seseorang yg sudah tinggal minimum 3 bulan di Uni Eropa. Tiket eurorail bisa dibeli online dan tiket interrail bisa dibeli di station kereta api besar di Eropa. Keduanya sebenarnya memiliki fungsi yang sama, hanya ada perbedaan tawaran harga dan fleksibilitas. saja. Coba lihat sendiri di website mereka.

Seandainya kamu hanya memilih satu negara untuk dikunjugi, maka kamu bisa pilih one country pass untuk kamu (interrail dan eurorail). Kalau kamu adalah penduduk di salah satu negara Eropa maka tiket Interrail tidak bisa digunakan untuk perjalanan dalam negeri. Apabila kamu masih di bawah 26 tahun, maka kamu akan dapat harga istimewa untuk youth. Pilihlah harga dan fleksibilitas yang paling memungkinkan untuk kamu.

Apabila kamu beli Interrail one country pass, itu artinya kamu bisa bebas naik kereta dalam negeri itu. Ada pilihan berapa hari perjalanan. Artinya hari perjalanan adalah: perjalanan yang dilakukan sepanjang hari itu. Kalau kamu mulai perjalanannya sesudah jam 7 malam, maka tanggal perjalanan dihitung dari tanggal keesokan hari. Contohnya kamu berangkat hari rabu 8 okt jam 8 malam, maka tanggal stempelnya adalah 9 okt. Inilah keuntungan berangkat malam hari.

Eurorail select pass lebih cocok untuk mereka yang bepergian dalam 2 atau 3 negara. Misalnya ketika kamu mau ke Belanda dan Austria, maka kamu masih perlu melewati Jerman. Artinya kamu harus ambil yang 3 country select pass. Dengan pilihan ini kamu bisa bergerak lebih fleksibel dalam 3 negara itu. Apabila kamu bepergian lebih dari 2 orang pikirkan mengenai membeli tiket grup yang lebih murah.

Hal-hal yg perlu kamu pertimbangkan buat perjalanan kalian:
1. Berapa negara yang dikunjungi dan berapa lama perjalanan di sebuah negara?

2. Berapa sering di sana naik kereta?

3. Sekarang banyak budget airline ke mana-mana di Eropa. Jadi bisa travel by plane and train juga.

4. Kalau kamu mau lebih melihat Eropa, pilih select pass saja bukan global pass.

Dalam banyak hal kamu harus lebih dulu membooking tiket kereta untuk perjalanan berikutnya. Beberapa kereta hanya bisa dinaiki dengan booking tempat duduk, dan beberapa bisa dinaiki langsung begitu saja. Misalnya Belanda memiliki beberapa jenis kereta: intercity, stoptrein, sama sneltrein. Negara lain juga punya ic (intercity), dan intrnasional yang umumnya harus dibooking terlebih dahulu. Kalau kamu naik kereta intercity atau lokal trein, kayanya sih ga perlu booking lagi. Kalau kamu ambil kereta cepat/internasional atau kereta malam, perlu biaya booking harganya sih bervariasi dari 3-5 euro di austria. Kalau kamu ambil tempat tidur di kereta harganya adalah ekstra 30 euro. Misalnya biaya booking kereta malam dari Vienna (Austria) ke Venezia (Italia) adalah 5 euro, tapi itu karena internasional. Di Spanyol saya naik kereta dari Barcelona ke Madrid dan hanya bayar biaya booking 10 euro, tapi kalau beli normal harganya memang di atas 100 euro.  Jadi bijaklah menentukan pilihan dan waktu bepergian. Semoga ini membantu kamu merencanakan perjalanan kamu di Eropa.

Selamat berburu!

Viewed 10473 times by 3459 viewers

3 Comments

  1. Terimaksih atas tipsnya untuk melakukan Interrail Pak… salam kenal

  2. Hi, salam kenal. saya rencana mau ke beberapa negara di eropa timur dalam beberapa bulan ke depan. Dan rencana mau beli Interrail, apakah tiket interrail tsb bisa dipakai juga untuk kereta dalam kota (misal untuk keliling kota di Prague, Vienna, dll)?

  3. Bisa. Toong cek di website mereka karena ada berbagai peraturan yang berbeda untuk kereta api jenis apa yang bisa dipakai Interrail di setiap negara. Ada juga berbagai toeslag (dalam bahasa Belanda) untuk biaya tambahan reservasi dan tempat duduk yang berbeda-beda harganya. Tidak terlalu mahal kok.

It will be great to have your reply here