Seputar Flu H1n1 (swine Flu)

Sep 18, 2009 5:14 PM

by binsar

Tanya Jawab Mengenai Flu H1N1 (SwineFlu/Flu Babi)

diterjemahkan dari BBC News.

Tips Mengatasi Flu Babi

Flu H1N1 (Flu babi/Flu Meksiko/Flu Swine) telah menyebar ke seluruh dunia sejak pertama kali ditemukan di Meksiko dan sekarang telah resmi menjadi pandemi flu pertama dalam 40 tahun terakhir. Para ahli memperkirakan bahwa jutaan orang akan terkena dampaknya.

Apakah Flu H1N1 (Swine Flu/Flu Babi) dan apa gejalanya?

SWINE FLU SYMPTOMS

Ciri Utama: demam mendadak (38C atau lebih) dan tiba-tiba batuk

1. Gejala lain meliputi: Kelelahan dan menggigil

2. Sakit kepala, tenggorokan kering, ingus dan bersin

3. Sakit perut, hilang selera makan, mencret

4. Sakit otot, dada, dan persendian

Source: NHS

Flu H1N1 adalah penyakit saluran pernafasan disebabkan oleh sejenis virus influenza tipe A yang dikenal sebagai H1N1. H1N1 adalah jenis virus yang sama dengan yang menyebabkan flu pada manusia dalam pergantian musim secara rutin. Tetapi versi terakhir virus H1N1 ini berbeda; dia mengandung materi genetik yang bisa mempengaruhi manusia, burung, dan babi. Meskipun pada awalnya berasal dari babi, tetapi sekarang dia telah menjadi penyakit manusia karena bisa menyebar melalui batuk dan bersin.

Gejala dari flu H1N1 pada manusia terlihat sama dengan flu musiman biasa. Demam hingga 38 derajat Celcius adalah gejala utama, diiringi batuk, tenggorokan serak, sakit pada tubuh, menggigil, dan nyeri pada dada. Beberapa orang yang terkena flu ini juga merasa pusing dan mencret-mencret.

Sama seperti flu normal, tingkat keparahan gejala ini tergantung kepada pengobatan yang diberikan dan individu itu sendiri. Banyak orang yang masih ringan gejalanya dan mulai pulih kembali setelah seminggu.

Orang akan mudah menularkan infeksi segera sesudah terkena gejala di atas, tetapi tidak lagi ketika gejala-gejalanya tidak terlihat lagi. Masa inkubasinya minimum dua hari.

Sepertinya orang yang berbadan sehat juga terkena dampak virus ini dengan parah. Apakah ini artinya semakin buruk?

Para ahli mengatakan bahwa ini tidak mengubah apapun.

KELOMPOK BERESIKO

Orang dengan penyakit paru-paru

Orang dengan penyakit jantung

Orang dengan penyakit ginjal

Orang diabetes

Mereka yang menerima immunosuppression

Masalah yang diperkuat karena perawatan atau penyakitnya

Pasien yang pernah menerima perawatan obat untuk asma

Perempuan hamil

Anak di bawah 5 tahun

Sepertinya orang yang sehat juga bisa meninggal oleh virus flu apapun kalau dia menjadi komplikasi seperti pneumonia jadi kasus kematian belakangan ini bukanlah alasan untuk kita untuk menjadi lebih khawatir.

Memang belakangan ini banyak orang yang telah memiliki gejala penyakit ini tidak memerlukan obat untuk pulih sepenuhnya, menurut WHO (Badan Kesehatan Dunia)

Ahli Flu Professor Peter Openshaw, dari Imperial College London, mengatakan bahwa satu dari tiga orang yang terinfeksi tidak akan menyadari bahwa mereka terkena flu H1N1 karena mereka akan melihat seditik atau bahkan tidak ada gejala sama sekali.

“Sekitar 98% orang yang terinfeksi akan pulih sepenuhnya tanpa perawatan di rumah sakit. Saya rasa masyarakat perlu diyakinkan..”

Ketakutan sesungguhnya adalah varian virus ini akan bermutasi dan menjadi lebih ganas dan menjadi ancaman yang lebih besar. Ini adalah ciri dari pandemi flu sebelumnya.

Tetapi hal ini belum terjadi – dan juga perlu diingat bahwa flu musiman juga menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan masyarakat – setiap tahun flu membunuh 250,000 – 500,000 orang di seluruh dunia.

Mengapa orang yang lebih muda lebih mudah terjangkit?

Di Inggris infeksi ini ditemukan lebih banyak pada orang muda karena dia menyebar di sekolah-sekolah di mana orang-orang lebih banyak berinteraksi dan menyebabkan infeksi menyebar dengan cepat. Ini bukan hal yang luar biasa dan anak-anak memang diketahui memegang peran penting dalam penyebaran flu. Orang lebih dewasa diduga telah memiliki sejenis kekebalan karena mereka mungkin pernah terekspos dengan virus H1N1 sebelumnya.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya terinfeksi?

Setiap orang yang memiliki gejala flu ini disarankan untuk tinggal di rumah dan memanggil dokter ke rumah. Apabila anda tidak dapat memanggil dokter, maka anda juga bisa minum obat flu biasa. Beristirahatlah dan hindari interaksi dengan orang lain.

Namun buat mereka yang sudah memiliki penyakit lain, atau kondisi tubuh kurang sehat, perempuan hamil, sebaiknya menghubungi dokter terdekat.

Bagaimana menyembuhkannya?

Dua jenis obat yang biasa digunakan untuk flu, Tamiflu dan Relenza (saya tidak tahu merk di Indonesia) bisa membantu untuk melawan infeksi, mengurangi waktu sakit, dan mengurangi kemungkinan komplikasi yang lebih serius.

Kesempatan untuk menularkan penyakit ini juga berkurang dengan penggunaan obat ini. Namun obat harus diminum pada tahap awal penyakit agar efektif. Para peneliti juga mempertanyakan apakah bijak memberikan obat ini untuk anak usia 1-12, dengan pikiran bahwa efek sampingnya mungkin lebih berbahaya daripada fungsinya. Namun Departemen Kesehatan Inggris tetap menyarankan penderita untuk meminymnya.

Ada juga kekhawatiran bahwa jika banyak orang mulai meminum obat ini sebelum mereka sakit akan meningkatkan resiko bahwa virus ini akan bermutasi dan membangun perlawanan sehingga obat menjadi tidak efektif lagi. Tetapi belum ada bukti bahwa hal ini sedang terjadi.

Meminum obat sebelum sakit agar tidak terjangkit tidak berguna karena setiap tablet hanya menyediakan perlindungan harian. Mengingat bahwa virus bisa bertahan dalam tubuh selama bulanan atau tahunan, minum pil secara regular adalah tidak dianjurkan karena efek jangka panjangnya masih belum diketahui.

Obat ini juga bisa memiliki efek samping biasanya muntah dan sakit kepala.

What measures then can I take to prevent infection?

Belum ada vaksin untuk virus ini. Namun ada vaksin virus flu biasa yang juga bisa digunakan.

PANDEMI FLU

1918: Pandemi flu Spanyol menjadi yang paling besar di zaman modern ini. Disebabkan oleh varian virus H1N1, diperkirakan menginfeksi 40% populasi dunia, dan lebih dari 50 juta orang meninggal, dengan dampak paling besar pada orang muda.

1957: Flu Asia membunuh 2 juta orang. Disebabkan varian manusia dari virus H2N2, digabung dengan mutasi varian di bebek liar. Dampak pandemi berhasil dikurangi dengan tindakan sigap dari petugas kesehatan, yang mengidentifikasi virus ini dan dengan cepat menyediakan vaksinnya. Orang tua terkena dampak yang lebih besar.

1968: Sebuah wabah pertama kali di Hongkong oleh varian H3N2, membunuh 1 juta orang di seluruh dunia, mereka yang di atas 65 tahun umumnya akan meninggal.

Perempuan hamil bisa mengambil vaksin ini apabila ingin berjaga-jaga.

Hindari kontak dengan orang yang kelihatan kurang sehat, demam, dan batuk.

Jagalah kebersihan rumah dan lingkungan anda.

Tutup mulut dengan tissue ketika batuk atau bersin dan segera buang.

Cuci tangan sedapat mungkin dengan air dan sabun.

Penggunaan masker tidak begitu efektif.

Apa saran untuk perempuan yang sedang mengandung?

Jaga kesehatan, juga cuci tangan selalu. Hindari tempat publik dan perjalanan yang tidak begitu perlu. Para ahli menekankan bahwa orang-orang juga harus bijak dalam kehidupannya sehari-hari dalam menilai apakah sebuah situasi baik untuk dirinya atau tidak.

Bagaimana saya bisa memperoleh informasi lebih lanjut?

Informasi lebih lanjut bisa dilihat di situs World Health Organisation yang menjelaskan latar belakang virus ini.

Website resmi pemerintah Inggris memberi update regular di sini. The Health Protection Agency memberi saran apabila anda kembali dari daerah infeksi. NHS Choices memberi keterangan bagaimana flu ini berbeda dari flu lain.

The European Centre for Disease Prevention and Control adalah sumber informasi yang baik.

Pusat informasi pemerintah Amerika Serikat menghitung jumlah kasus di AS.

Anda juga bisa meng – google informasi mengenai penyakit ini.

Sumber dari DEPKES RI

Viewed 10106 times by 3076 viewers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *