Tips Membeli Tiket Kereta Api Di Eropa

via Binsar Pakpahan by binsar on 8/9/09

Saya sedang melakukan perjalanan keliling Eropa selama satu bulan. Rencananya saya akan mengunjungi 10 kota dalam 6 negara. Untuk perjalanan ini saya memilih tiket Interrail sebagai pilihan terbaik dan termurah. Saya akan menjelaskan bagaimana saya bisa memilih tiket kereta ini dan apa keuntungan dan kerugiannya.

Ada dua jenis tiket kereta api tersedia untuk perjalanan keliling Eropa. Yang pertama adalah Eurorail Pass yang hanya bisa dibeli oleh mereka yang berasal/berdomisili di luar Eropa. Tiket yang saya beli adalah jenis kedua, yaitu Interrail Pass yang tersedia bagi mereka yang telah tinggal lebih dari 6 bulan di sebuah negara  di Eropa. Jadi apabila anda belum menetap selama 6 bulan di sebuah negara di Eropa maka anda hanya bisa membeli Eurorail Pass.

Kedua jenis tiket menawarkan beberapa pilihan yang dibagi berdasarkan hari perjalanan atau negara tujuan.Interrail menawarkan harga sebagai berikut:

validity 2nd-class youth 2nd-class adult 1st-class adult
22 days continuous €309 
€469 €629
1 month continuous €399 €599 €809
5 days within 10 days €159 €249 €329
10 days within 22 days €239 €359 €489

Sementara Eurorail menawarkan harga:
Validity        1st Adult Class Saver           2nd Class Youth
15 days                                           € 433       € 332
21 days                                           € 562       € 429
1 month                                         € 698        € 535
2 months                                       € 986        € 755
3 months                                       € 1221      € 933
10 days within 2 months        € 512        € 393
15 days within 2 months        € 675        € 515

Kita bisa lihat bahwa Eurorail menawarkan lebih banyak pilihan karena ditujukan untuk mereka yang tinggal di luar Eropa. Harga eurorail juga sedikit lebih mahal. Anda akan lebih beruntung kalau membeli 1st class saver pass, kelemahannya anda hanya bisa membeli satu tiket untuk dua orang, jadi anda harus bepergian bersama satu orang lagi.

Kita juga harus tahu bahwa tiket terusan ini masih membutuhkan biaya ekstra. Anda masih harus membayar biaya reservasi kereta di beberapa stasiun yang membutuhkannya. Biaya ini berkisar antara 3-7 euro per orang per reservasi. Biaya reservasi kelas 1 lebih tinggi dari kelas 2. Tiket interrail tidak berlaku untuk negara tempat anda tinggal, jadi anda harus membayar biaya transportasi lokal ke stasiun terjauh di negara asal ketika anda membooking perjalanan awal anda. Tiap negara memiliki sistem dan biaya berbeda. Karena itu, pikirkan dulu berapa biaya yang anda rela keluarkan untuk perjalanan dan persiapkan uang ekstra.

Tips yang mungkin membantu:

1. Atur jadwal perjalanan anda sedini mungkin, pastikan anda sudah mengetahui kota tujuan anda.

2. Apabila anda memiliki waktu yang terbatas untuk bepergian, atur juga  tanggal kapan anda akan pergi atau tinggal di sebuah kota. Dengan memiliki jadwal yang pasti anda akan bisa mengatur waktu anda dengan maksimal.

3. Pastikan anda memiliki tempat menginap di kota tujuan anda. Penginapan di kota-kota di Eropa biasanya penuh dalam musim liburan terutama Summer. Saya menemukan situs booking hostel yang baik karena disertai dengan peta lokasi penginapan tersebut di sini. Anda harus membayar 2 euro ekstra untuk setiap reservasi yang anda lakukan.

4. Reservasi tiket perjalanan selanjutnya begitu anda tiba di stasiun kota tujuan, dengan begitu anda tidak perlu bolak balik ke stasiun. Anda bisa memeriksa jadwal kereta api selanjutnya dengan memeriksa jadwal yang ada. Anda bisa lihat daftar perusahaan kereta api di eropa di sini.

5. Meskipun lebih mahal, penginapan di pusat kota adalah yang terbaik karena anda tidak perlu mengeluarkan ongkos transportasi dalam kota. Stasiun kereta api di eropa pada umumnya terletak di pusat kota. Carilah penginapan yang bisa anda tempuh dengan jalan kaki. Kalau anda mencari penginapan gratis coba lihat Coachsurfing.com.

6. Kualitas perjalanan anda ditentukan oleh rute dan waktu perjalanan anda. Perjalanan dengan kereta api akan menjadi sangat mengagumkan di waktu siang dengan pemandangan alam di Eropa, tetapi anda juga bisa menghemat uang dengan menginap di kereta dalam perjalanan malam hari. Kereta malam biasanya memiliki sleeping couch yang menawarkan keamanan ekstra, tetapi anda perlu membayar ekstra juga.

7. Hindari perjalanan yang terlalu pagi karena kemungkinan anda ketinggalan kereta adalah sangat besar. Ingat, kereta api di Eropa biasanya tepat waktu dan kereta tidak akan menunggu anda.

8. Belilah sebuah buku travel Eropa dari Lonely Planet atau European Travel Guide untuk tahu tempat-tempat penting untuk dikunjungi. Setiap kota biasanya memiliki peta gratis di kantor pariwisata atau stasiun keretanya jadi anda tidak perlu membeli peta.

9. Selalu pisahkan passport, tiket interrail, handphone, dan dompet anda dari tas bagasi. Sebuah tas kecil yang bisa digantung di pundak akan sangat membantu, anda bisa menaruhnya di bagian dalam jaket anda. Sisakan uang kecil di kantong celana jadi anda tidak perlu mengeluarkan dompet setiap saat.

10. Gunakan loker yang tersedia apabila anda terpaksa harus menginap di stasiun kereta. Lebih baik anda membayar 3 euro daripada kehilangan tas anda.

11. Utamakan kenyamanan perjalanan daripada gaya. Pakailah sepatu yang nyaman karena anda biasanya akan membawa beban berat sepanjang perjalanan. Gunakan tas punggung karena lebih praktis. Sebuah tas punggung yang baik tidak hanya memusatkan berat tas di punggung, tetapi juga di perut dan dada.

12. Barang yang penting untuk dibawa: handuk, alat mandi, sleeping bag, tissue basah, dan beberapa kantong plastik kosong.

13. Jangan terlalu banyak membawa pakaian ganti/sepatu karena ada mesin cuci publik yang tersedia di kota-kota besar Eropa. Sepasang sepatu dan sendal harusnya cukup untuk bepergian di musim panas.

14. Bepergian dengan seorang teman biasanya lebih baik daripada sendiri (menurut saya pribadi). Tetapi bepergian dengan kebanyakan teman juga tidak baik karena anda akan sering berdebat mengenai tujuan perjalanan anda.

15. Hubungi kenalan anda di kota tempat yang akan anda kunjungi untuk mengajak anda melihat tempat-tempat yang tidak ada dalam buku travel anda.

16. Cari supermarket terdekat dari penginapan untuk menghemat biaya. Makanan dari supermarket jauh lebih murah dari restoran.

17. Jangan belanja berlebihan. Ingat barang ekstra berarti beban ekstra bagi punggung anda.

18. Bawa memory stick kapasitas besar untuk menyimpan foto-foto anda, jangan lupa bawa kabel usb untuk menghubungkan kamera ke komputer. Ipod juga bisa difungsikan sebagai memory stick yang baik.

Viewed 10985 times by 3733 viewers

It will be great to have your reply here