Selamat Jalan Michael Jackson

Jun 26, 2009 4:59 PM

by binsar

Saya menerima telepon mengejutkan dari Rhein jam 12 malam yang mengatakan bahwa Michael Jackson baru saja meninggal. Saya tidak bisa mempercayai berita tersebut karena saya baru saja mulai belajar bermain double pedal pada drum untuk lagu Smooth Criminal, dan segera menemukan bahwa Jacko memang telah tidak ada lagi di dunia ini. Bagi saya dia adalah seorang artis sejati yang memberi dorongan untuk mampu menembus banyak batasan, dan akan selalu hidup sebagai inspirator musik.

Kematiannya yang mendadak ini menurut saya datang pada saat yang tepat, di mana dia akan mengadakan konser terakhir, orang sangat penasaran akan penampilannya, dan ingatan kejayaannya masih segar di para penggemarnya. Menurut saya, kematiannya ini akan membuatnya masuk ke dalam jajaran legenda Elvis Presley, Marylin Monroe, John Lennon, dan Kurt Cobain. Sungguh sebuah akhir yang tragis namun legendaris!

Raja Pop Michael Jackson telah meninggal dunia di usia ke-50 siang hari waktu lokal (25 July 2009) di Los Angeles. Bantuan paramedis dipanggil setelah dia kesulitan bernafas dan menderita serangan jantung. Dia sudah tidak bernafas lagi ketika paramedis datang ke rumahnya. Meskipun CPR sudah dilakukan dan bantuan masker oksigen diberikan MJ tetap tidak bereaksi. Dia sempat dilarikan dari rumahnya di Los Angeles ke rumah sakit UCLA Medical Center dengan sebuah ambulans, namun nyawanya tidak tertolong lagi.

MJ sebenarnya sedang sibuk mempersiapkan comeback tournya dengan berlatih bersama Lou Ferrigno, bintang film seri The Incredible Hulk. Michael Jackson dijadwalkan untuk memulai seri tur terakhirnya di Inggris pada 13 July. Semua tiket pertunjukan sudah terjual habis beberapa jam setelah penjualan tiket dimulai. Namun itu semua tidak akan terjadi, tidak akan ada pertunjukan dari Michael Jackson lagi. Dia meninggalkan tiga anak, Michael Joseph Jackson Jr, Paris Michael Katherine Jackson dan Prince Michael Jackson II.

Karir Michael Jackson

Michael Jackson, lahir di Gary, Indiana, 29 Agustus 1958, memiliki karir musik yang luar biasa. Pemahamannya mengenai dunia musik membuatnya tidak tertandingi di aliran pop. Dia berhasil menjual ratusan juta album sepanjang hidupnya.

Daftar penjualan album MJ

Off The Wall: 19 juta

Thriller: 59 juta

Bad: 28 juta

Dangerous: 29 juta

HIStory: 18 juta

Invincible: 8 juta

Dia memulai karirnya sebagai pemain tamborin di grup Jackson Five, tetapi kemudian dengan cepat mengambil peran penyanyi utama dengan hits  “I Want You Back”, “I’ll be There”, dan “ABC.” Di bawah label Motown, Jackson 5 menjadi grup pop pertama di sejarah yang berhasil menjadikan 4 single pertama mereka sebagai jawara chart musik di tahun 1970. Michael dan saudara-saudaranya berpindah label ke Epic namun tidak begitu sefenomenal awal karir mereka.

MJ memulai karya solonya Off The Wall di tahun 1979 dengan hits  “Don’t Stop ‘Til You Get Enough”, “She’s out of My Life” dan “Rock With You.” Tetapi yang menjadi inspirasinya adalah ketika dia bermain di film musikal The Wiz pada 1978, di mana dia bermain sebagai Scarecrow. Di sini dia bertemu Quincy Jones, produser, komposer, dan pengarah musik, dan mulai menciptakan kreasi baru bagi dunia.

Empat tahun kemudian album Thriller menjadi all time best album dengan penjualan 59 juta kopi di seluruh dunia. sebuah campuran dari disko, R&B, dan funk mencatatkan 7 dari 9 hit singles. MJ juga menciptakan aturan baru dalam dunia MTV dengan video klip Thriller yang disutradarai oleh John Landis dengan anggaran yang luar biasa pada masa itu. Dia menciptakan script video klip yang kemudian memberi inspirasi untuk semua artis lain. Album ini memperoleh 8 Grammy dari 12 nominasi.

Pada Maret 1983, MJ merilis “Billie Jean” dan menampilkan moonwalk untuk pertama kali. Gerakannya ini kemudian menjadi ciri khasnya.

Di tahun 1985 hubungannya yang baik dengan Sir Paul McCartney – eks anggota The Beatles – menjadi buruk ketika dia berhasil memenangkan hak atas karya ATV Music Publishing Catalogue yang di dalamnya termasuk lagu-lagu karya The Beatles. Pada tahun yang sama dia menulis lagu We Are The World bersama Lionel Ritchie untuk amal bagi Afrika.

Pada tahun 1987 dia merilis album Bad dengan hits “Man in the Mirror” dan “Dirty Diana”, yang pada waktu itu mencatat rekor konser setahun penuh. Meskipun demikian, kepopulerannya mulai menurun, dan tekanan atas kepribadiannya mulai membesar. MJ mulai membangun Disneyland mini yang dia namakan Neverland sebagai tempat menikmati masa kecilnya yang tidak pernah dia rasakan.

Album Dangerous, yang dirilis tahun 1991 menampilkan sound yang lebih eksperimen dan menyegarkan dalam dunia musik. Lagu “Heal the World” dan “Black or White” menjadi hits dunia.

Pada tahun 1993 dia mengatakan kepada Oprah bahwa dia mengalami vitiligo sebuah penyakit yang membuat warna kulitnya semakin putih. Dia juga mengatakan bahwa ayahnya menyiksanya ketika dia masih anak-anak.

Di Agustus 1994, Jackson menikahi putri raja Rock n Roll Elvis Presley, Lisa Marie Presley, dan tidak lama bercerai. Namun kontroversi pelecehan anak mulai terus menderanya.

MJ mencoba menghidupkan lagi kepopulerannya dengan sebuah album kompilasi HIStory di tahun 1995. Meskipun menampilkan dua singles “You are not Alone” dan “Scream”, HIStory tidak sefenomenal album-album sebelumnya.

Album terakhirnya Invincible di tahun 2001 tidak lagi dianggap menjual karena MJ lebih dikenal melalui karakter eksentriknya daripada musisi profesional.

Kontroversi

Satu lagu di album HIStory, “They Don’t Care About Us” mengandung lirik “Jew me, sue me”telah membuat sahabatnya Steven Spielberg menuduhnya sebagai anti-Semit.

Dalam seremoni Brit Awards di London pada 1996, dia menampilkan dirinya dikelilingi oleh anak-anak dan juga seorang Rabi. Hal ini dilihat sebagai suatu hal yang keterlaluan, sehingga vokalis Pulp Jarvis Cocker naik ke panggung dan berusaha mengganggu penampilan Jackson.
Popout
Michael Jackson dituduh telah melecehkan secara seksual anak berumu 13 tahun di Neverland dan kasusnya diselesaikan dengan sejumlah uang yang sangat besar. Setelah ini ada beberapa tuntutan pelecehan anak lainnya, namun MJ mengaku tidak bersalah.

Di tahun 1996 dia juga menikahi Debbie Rowe, seorang perawat dan memperoleh dua anak melalui proses bayi tabung. Kemudian di tahun 2002 MJ menunjukkan anak ketiganya yang ditutup selimut dari sebuah balkon hotel di Berlin.

Masalah sebenarnya datang di tahun 2003 melalui sebuah film dokumenter Living with Michael Jackson, di mana Jacko mengaku kepada jurnalis Inggris Martin Bashir bahwa dia tidur bersama anak-anak kecil di satu tempat tidur. Tahun 2004 dia dituntut dengan banyak tuduhan termasuk memberi alkohol kepada anak-anak untuk melecehkan dan menculik anak. Jacko sendiri bebas dari segala tuduhan di 2005.

Perusahaan rekaman Sony juga menuntut MJ untuk mengembalikan 200 juta dollar sebagai kompensasi rekaman album baru yang tidak pernah terlaksana.

MJ kemudian pindah ke Bahrain karena merasa Neverland telah terkontaminasi oleh aparat kepolisian di tahun 2005. Dia mengumumkan konser perpisahannya akan dilakukan di tahun 2009.

Selamat Jalan Michael Jackson!

Kematiannya yang mendadak membuat banyak dunia entertainment terkejut dan sedih setelah Farah Fawcett, bintang Charlie’s Angel, juga meninggal dunia pada hari yang sama. Madona berkata, “Saya tidak bisa berhenti menangis mendengar berita menyedihkan ini. Saya selalu mengagumi MJ.” Lisa Marie Presley, mantan isterinya berkata, “Saya sangat sedih. Saya berduka untuk anak-anaknya, yang saya tahu adalah segalanya baginya. Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan kehilangan ini.”

Lisa Marie Presley, who was briefly married to Jackson in the mid-1990s, says, “I am so very sad and confused with every emotion possible. I am heartbroken for his children, who I know were everything to him, and for his family. This is such a massive loss on so many levels, words fail me.”

Britney Spears berkata, “Saya begitu semangat akan melihat penampilannya di London. Kami akan melakukan tur di Eropa pada saat yang bersamaan dan saya akan terbang untuk melihat salah satu konsernya. Dia adalah inspirasi dalam hidupku dan saya merasa sangat kehilangan.”

Usher berkata dengan emosi yang mendalam, “May God cover you Michael. We all lift your name up in prayer. I pray for the entire Jackson family particularly Michael’s mother, children and all his fans that loved him so much. I would not be the artist, performer, and philanthropist I am today without the influence of Michael. I have great admiration and respect for him and I’m so thankful I had the opportunity to meet and perform with such a great entertainer, who in so many ways, transcended the culture. He broke barriers, he changed radio formats! With music, he made it possible for people like Oprah Winfrey and Barack Obama to impact the mainstream world. His legacy is unparalleled. Michael Jackson will never be forgotten.”

Justin Timberlake juga mengatakan, “We have lost a genius and a true ambassador of not only Pop music but of all music,” he wrote on his Web site. “He has been an inspiration to multiple generations and I will always cherish the moments I shared with him on stage and all of the things I learned about music from him and the time we spent together. My heart goes out to his family and loved ones.”

Selamat jalan Michael!

Sumber: BBC News, People Magazine

Photo by: Alpha / Globe

Viewed 6231 times by 2335 viewers

It will be great to have your reply here