Jadilah Saksi!

Khotbah Minggu, 24 Mei 2009

Perki Amsterdam Zuid Oost

Lukas 24:50-53

Jadilah Saksi!

Saudara-saudara yang terkasih dalam Kristus,

Beberapa hari yang lalu kita memperingati Kebangkitan Tuhan Yesus ke surga, Ascension Day. Seperti yang kita tahu, rangkaian proses yang kita peringati adalah peristiwa kematian, kebangkitan, kenaikan Tuhan Yesus, dan kemudian turunNya Roh Kudus (Pentakosta). Apa artinya peristiwa kenaikan ini?

Kita semua tahu bahwa Yesus berada bersama para murid selama 3 tahun. Selama 3 tahun dia mempersiapkan mereka untuk menjadi pengajar dan pemberita Injil. Peristiwa kenaikan ini bukan hanya sebuah perpisahan antara Yesus dan muridnya, ini juga adalah sebuah proses pengalihan tugas kepada para murid. Ketika Yesus pergi meninggalkan muridnya, Dia telah mempersiapkan mereka sedemikian rupa sehingga pada saat akhir murid siap untuk melaksanakan tugas Yesus sebagai pengajar. Mereka siap menjadi saksi.

Peristiwa kenaikan sebenarnya adalah proses pelimpahan tanggungjawab dari Yesus kepada murid-murid. Mereka telah menyaksikan peristiwa pengajaran Yesus, kematian, dan kebangkitan. Sekarang Yesus akan kembali kepada Bapa. Namun tugas pemberitaan kerajaan surga belum selesai. Sekarang tugas pemberitaan kabar baik menjadi milik para murid. Tuhan Yesus berkata, “Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini! (Luk. 24:46-48). Para murid memperoleh tugas baru untuk memberitakan peristiwa Tuhan Yesus, dan menawarkan pertobatan dan pengampunan dosa kepada segala bangsa. Sesudah ini Yesus pergi ke Betania, dan naik ke surga ketika sedang memberkati mereka.

Saudara-saudara yang terkasih dalam Kristus,

Seorang guru yang baik bisa dilihat dari hasil murid-muridNya. Keberhasilan seorang guru adalah ketika murid-muridNya berhasil melaksanakan ajarannya bahkan ketika sang guru sudah tidak ada. Dalam hal ini kita bisa melihat adalah seorang guru yang sangat baik. Dia berhasil mengalihkan tugas kepada murid-muridNya untuk menjadi saksi.

Saya melihat Yesus mengajar seperti falsafah Jawa yang pernah saya dengar, Ing Ngarso Sung Tulodo (dari depan memberi contoh), Ing Madya Mangun Karso (dari samping membangun semangat), Tut Wuri Handayani (dari belakang memberi dorongan). Kenaikan Yesus ke surga adalah cara Yesus memberikan mereka semangat Tut Wuri Handayani. Yesus sekarang tidak ada lagi, tetapi Dia akan memberikan Roh Penolong dan membantu mereka dari belakang. Yang terjadi sesudah peristiwa ini adalah para murid kembali ke Yerusalem dengan sangat bersukacita dan menunggu kedatangan Roh Penolong yang dijanjikan Tuhan Yesus.

Saudara-saudara yang terkasih dalam Kristus,

Tugas yang Tuhan Yesus berikan kepada para murid tidak berhenti hanya di situ. Kita juga adalah murid Tuhan yang dipanggil untuk bersaksi. Kita menjadi penerus kesaksian dari kisah Yesus sebagai Anak Allah. Ini adalah amanat agung yang diberikan oleh Tuhan Yesus kepada kita semua.

Bagaimana kita bisa menjadi saksi? Kita bisa menjadi saksi di manapun kita berada. Kita bisa menunjukkan bahwa kita adalah murid Kristus melalui kehidupan kita yang berbeda dari orang lain. Jangan menganggap remeh bagaimana engkau bisa menjadi saksi Kristus melalui tindakan nyata dalam kehidupan sehari-harimu! Tiga orang memutuskan untuk menjadi Kristen ketika sebuah gereja membersihkan stasiun kereta di pinggiran kota Manchester. Ini menunjukkan bahwa ketika kita berbuat baik, tanpa harus mengatakan bahwa kita adalah Kristen, kita juga sedang bersaksi melalui kehidupan kita.

Pertanyaannya untuk kita adalah, apakah kita siap menjadi saksi Kristus? Apakah kehidupan kita sudah bisa menjadi saksi kasih Kristus di dalam dunia, atau justru kehidupan kita membawa orang jauh dari Tuhan? Kiranya melalui peristiwa kenaikan ini, kita diingatkan untuk terus menjadi saksi bagi Kristus! Amin.

Viewed 11309 times by 4047 viewers

It will be great to have your reply here