Tips Mengajar Lagu Kepada Anak Sekolah Minggu

Posted (binsar) in Article, Christianity on February-6-2008
Tulisan ini pernah dimuat di buletin terbitan Yamuger (Yayasan Musik Gereja)

  1. Pada dasarnya suara anak sangat lembut dan jernih, karena itu jangan biarkan anak bernyanyi dengan berteriak. Bedakan antara suara bernyanyi, berbicara dan berteriak. Suara bernyanyi ini biasa disebut suara kepala.
  2. menyanyilah dengan sikap menyanyi yang benar (badan tegak tapi rileks), meskipun menyanyi sambil duduk. Katakan kepada anak-anak bahwa mereka adalah raja dan ratu yang sedang memakai mahkota dan mereka harus menjaga agar mahkota itu tidak jatuh. Sikap badan yang baik akan menghasilkan pernafasan yang baik pula.
  3. Nyanyikan lagu sesuai dengan jangkauan anak. Usahakan bernyanyi sesuai dengan nada yang tercantum dalam  buku nyanyian.
  4. Pilih lagu yang sesuai dengan tingkat usia anak. Anak usia 10 tahun akan lebih sesuai untuk menyanyikan KC 6 dibandingkan anak usia 6 tahun. Ajarkan lagu yang lebih pendek dan mudah diingat pesan isi syairnya kepada anak yang lebih kecil.
  5. Persiapkan lagu sematang mungkin, usahakanlah untuk menghapal lagu yang akan diajarkan dengan nilai-nilai not yang tepat.
  6. Kenalkan dulu seluruh lagu kepada anak, nyanyikan dahulu beberapa kali, dan ajak anak untuk mengikutinya pelan-pelan.
  7. Ajarkan bagian demi bagian lagu secara bertahap. Perhatikan nada-nada yang menurut pengajar akan sulit untuk ditangkap anak, sehingga waktu ekstra dapat diberikan untuk mengajarkan bagian tersebut.
  8. Dalam mengajarkan lagu, diharapkan anak besar dapat membaca not dulu baru ke syair, tetapi untuk anak kecil sebaiknya syairnya saja yang langsung diajarkan.
  9. Untuk anak yang belum bisa membaca syair, gambar-gambar dan alat peraga lain dapat digunakan untuk lebih mengenalkan lagu kepada anak-anak. Misalnya, bawalah bunga alami untuk mengajarkan nyanyian tentang bunga (KC 3).
  10. Ulangi lagu yang baru diajarkan pada minggu berikutnya, sampai semua anak menghapalnya.

Bahan disadur bebas dari paper “Lokakarya Sekolah Minggu: Bermusik dengan Anak di Sekolah Minggu”, karya Ester Pudjo Widiasih.

Viewed 9334 times by 2913 viewers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *