#Kebebasan

Sebuah catatan singkat

*sebelum saya lupa juga

Setelah menonton film berjudul Nina, sebuah biografi artis soul perempuan berkulit hitam, saya berpikir juga soal kebebasan. Menurut film tersebut (saya tidak tahu apakah Nina betul2 mengatakannya di dunia nyata), kebebasan adalah “lepas dari ketakutan.”

Dalam diskusi panjang mengenai kebebasan, Nina mengambil pemahaman freedom from dan bukan freedom to. Karena latar belakangnya yang keras, sebagai perempuan kulit hitam yang ditolak masuk ke konservatori musik karena warna kulitnya, Nina berkembang menjadi artis soul yang sukses. Namun, karena dia selalu berada dalam ketakutan, dia memutuskan untuk tinggal sementara di Paris.

Baginya, kebebasan adalah keterlepasan dari rasa takut, ketakutan akan pencurian hak cipta, kemampuan, pelecehan, harga diri. Bahkan, dia beranggapan bahwa jika dia bisa merasa bebas 50 persen dari waktunya, dia akan menjadi bahagia.

Rasa takut bisa dihilangkan dengan berbagai aturan yang menjamin keteraturan dan kepemilikan hak yang ditakutkan oleh Nina. Ketika peraturan menjamin keamanan, dan kebebasan dari pencurian hak cipta, kemampuan, pelecehan dan harga diri bisa diciptakan, kebebasan Nina akan muncul, tetapi hanya untuk hal-hal spesifik yang disebutnya tadi. Kebebasannya akan datang dengan harga lain, dia harus mengikuti aturan yang berlaku, yang juga membuatnya tidak bebas dari aturan. Jika itu terjadi, dan Nina memilih untuk patuh kepada aturan karena ingin menjaga haknya, secara sadar Nina telah memiliki kebebasan untuk (freedom to) mengikuti norma yang akan membuatnya bebas dari ketakutan. Dilemanya, Nina kemudian terikat kepada aturan yang membuatnya bebas, yang pada akhirnya membuatnya tidak sepenuhnya bebas.

Karena itu kebebasan selalu merujuk kepada the larger picture. Kebebasan dari suatu hal membawa kita kepada keterikatan akan hal lain. Freedom is not about erasing all attachments. Freedom is about how we make our choices consciously and are fully responsible for it. We will never be completely free, we can freely choose to be attached to something else. By and large, itulah kebebasan. Or so I think.

#randomthoughtsonamondaymorning

Viewed 1010 times by 138 viewers

It will be great to have your reply here