Daftar Produk Makanan Impor Cina Yang Ditarik


Sekitar 53,000 anak di Cina telah sakit dan 4 meninggal dunia karena produk susu yang mereka minum ternyata mengandung bahan kimia melamin. Berita ini membuat heboh dunia karena beberapa perusahaan susu besar di Cina menggunakan bahan yang berbahaya ini. Beberapa perusahaan menyalahkan supplier susu mereka yang mencampur bahan melamin dengan susu asli karena menaikkan kandungan protein dalam susu tersebut. Beberapa pejabat Cina yang terkait dengan perijinan makanan dan kesehatan telah mengundurkan diri karena skandal ini.

Produk yang mengandung melamin ternyata bukan hanya susu bubuk, tetapi juga produk lain yang mengandung susu seperti permen, biskuit susu, dll. Produk Cina yang terkontaminasi juga menyebar sampai ke Afrika. Indonesia juga tidak luput dari masalah ini.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bertindak dengan menyurati Asosiasi Peritel Indonesia untuk melakukan penarikan, menyegel dan melaporkan produk terkait. Produk-produk yang ditarik dari peredaran karena diduga mengandung susu dari China adalah:

Jinwel Yougoo (susu fermentasi rasa jeruk, aneka buah, dan tanpa rasa), Guozhen (susu bubuk full cream), Meiji Indoeskrim Gold Monas (rasa coklat dan vanila), Oreo Stick Wafer, Oreo Sandwich Cookies, M&M’s (Kembang gula coklat susu), Snicker’s (Biskuit-Nougat lapis coklat), Dove Choc (Kembang gula coklat), Natural Choice yogurt Flavoured Ice Bar, Yili Bean Club (matcha Read Bean ice bar, red bean ice bar, Yili Prestige Chocliz, Chesnut Ice Bar), Nestle Dairy Farm UHT pure mild, Yili High Calcium low fat Milk Beverage, Yili High Calcium Milk Beverage, Yili pure milk, Dutch Lady Strawberry Flavoured milk, White Rabbit creamy candy, dan Yili Choice Dairy Frozen Yogurt Bar.

Jadi apabila anda mengkonsumsi beberapa makanan di atas sebaiknya anda berhenti dulu sampai tahu kualitas kesehatan makanan yang anda konsumsi.

Article, Global Awareness Comments 0 Sep 24th, 2008

Viewed 11522 times by 2485 viewers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *