Sejarah perayaan Ulang Tahun

Dalam bulan ini saya melihat perayaan ulang tahun dari berbagai orang yang saya sayangi dan hormati, karena itu saya mau mendikasikan tulisan ini kepada mereka yang merayakan ulang tahunnya. Beberapa pertanyaan yang akan saya coba jawab dalam tulisan singkat ini adalah: Apa yang dimaksud dengan hari ulang tahun sementara dalam bahasa Inggris dia disebut ‘hari kelahiran’ (birthday)? Kenapa kita merayakan ulang tahun?Apakah anda merasa usia anda bertambah atau berkurang setiap kali merayakannya?
Apa itu hari ulang tahun?
Hari ulang tahun sesungguhnya adalah waktu di mana posisi bumi dalam revolusinya terhadap matahari tepat berada pada tempat yang sama seperti kita pertama kali melihat dunia ini. Posisi bumi ini akan berulang setiap revolusi planet Bumi terhadap Matahari yaitu setiap 365.256363 kali rotasi bumi pada porosnya (atau kita sebut sebagai ‘hari’). Peristiwa astronomi ini memang mengagumkan, bahwa hanya ada satu saat dalam setiap revolusi bumi terhadap matahari, di mana kita berada tepat dalam posisi yang serupa pada hari kita dilahirkan. Mungkin, karena alasan ini, maka kita menyebutnya sebagai tahun yang berulang, atau ulang tahun.  Kata lain yang digunakan untuk hal ini dari bahasa lain adalah “anniversary, compleanno (Italia), Verjaarsdag (Belanda, Afrikaan), Geburtstag (Jerman), aniversário (Portugis), Χαρούμενα Γενέθλια! (Yunani modern).”

 

Ada juga yang membedakan sistem penomoran ulang tahun sebagai jumlah tahun sesudah kelahirannya, dan penomoran ulang tahun sebagai perayaan. Misalnya seseorang seperti Shakespeare bisa saja berusia 52 tahun dan merayakan hari ulang tahunnya yang ke-400 – artinya merayakan ulang tahunnya sebanyak 400 kali. Namun, konsensus yang umum di dunia kita adalah untuk menghitung penomoran tahun sejak kita dilahirkan dan bukan jumlah perayaan yang dilakukan.

Ulang tahun baru mulai dirayakan sesudah manusia menemukan siklus bulan dan matahari – yang merupakan cara kita memberi petunjuk waktu. Setelah membuat sistem penanggalan, barulah kita bisa menentukan hari-hari penting dalam kehidupan kita.

Ada dua sistem utama penanggalan yang muncul, yaitu bulan (lunar) dan matahari (solar). Karena ada orang yang masih menggunakan sistem penanggalan lunar, maka peringatan hari lahirnya adalah posisi bulan yang serupa terhadap bumi yaitu 29.530589 rotasi bumi pada porosnya per satu revolusi bulan terhadap bumi. Karena orang yang menggunakan sistem penanggalan lunar selalu menggunakan 12 bulan dalam 1 tahun kalender lunar mereka, maka satu tahun lunar selalu memiliki selisih 11-12 hari dengan satu tahun kalender matahari (kalender yang kita gunakan sekarang). Artinya, seorang manusia bisa memiliki dua kali waktu ulang tahun, berdasarkan dua sistem kalender ini, per tahun masehi.

Kenapa kita merayakan ulang tahun

Perayaan ulang tahun sendiri dulu dipercaya sebagai hari di mana roh jahat akan mengunjungi sang jubilaris, dan untuk melindunginya, orang-orang di sekitarnya harus membuat suara keras untuk mengusir roh jahat tersebut. Perayaan/perlindungan ini dulu dirayakan hanya untuk raja dan pejabat tinggi dalam masyarakat. Hal ini mungkin saja terjadi pada rakyat biasa, namun karena mereka kurang memiliki kemampuan finansial maka mereka tidak merayakannya, atau kalaupun mereka merayakannya, status mereka kurang penting untuk dicatat dalam sejarah.

Budaya untuk menyediakan kue ulang tahun dipercaya dimulai oleh orang Yunani mula-mula yang membawa kue berbentuk bulan atau bundar ke kuil Dewi Artemis (sang Dewi Bulan). Lalu lilin yang dinyalakan adalah simbol untuk membuat bulan yang direpresentasikan oleh kue tersebut bersinar. Nyala lilin akan membantu kita menyampaikan doa kepada para dewa di angkasa.(materi bagian ini dimodifikasi dan dilengkapi dari http://www.tokenz.com/history-of-birthday.html)

Ada juga yang berpendapat bahwa kebiasaan membuat kue ini dimulai di Jerman ketika orang mulai membuat roti dalam bentuk kain lampin Yesus. Lilin yang dinyalakan di tengah kue adalah simbol dari cahaya kehidupan. Meniup lilin dipercaya akan membawa keuntungan dan jawaban atas semua keinginan sang jubilaris.

Pada masa modern ini masih ada beberapa kepercayaan yang melarang orang untuk merayakan hari ulang tahunnya karena hal ini dilihat sebagai bidah atau ajaran yang menyimpang dari ajaran utama.

Usia bertambah atau berkurang?

Pertanyaan ini sama seperti apakah gelas itu setengah kosong atau setengah penuh. Dua-duanya benar. Jika dihadapkan pada kasus ini, maka jawabannya ada pada persepsi yang menjawabnya. Usia anda bertambah karena secara kalender, jumlah hari di mana revolusi bumi pada matahari kembali pada tempatnya selalu bertambah sejak anda dilahirkan; Usia anda berkurang secara kalender biologis karena kita semua memiliki expiry date dan setiap langkah ke depan membawa kita semakin dekat ke ujung.  Jawaban yang lebih benar, adalah jawaban yang diberikan oleh yang menjawabnya, dan karenanya menjadi sangat subjektif.

Kalau kita merayakan ulang tahun dari perspektif kalender, maka ketahuilah bahwa 70-90 kali posisi bumi terhadap matahari yang serupa seperti hari kelahiran anda adalah sangat singkat dalam persepktif kosmos. Perayaan hari-hari ulang tahun kita tidak banyak jumlahnya jika dibandingkan dengan 4,54 triliun kali jumlah revolusi tersebut (usia bumi diperkirakan adalah 4.54 × 109 tahun ± 1%). Kalender biologis juga mengingatkan kita bahwa hidup kita juga singkat dan selalu menuju ke akhir. Hidup ini sangat singkat. Yang bisa kita rayakan, menurut saya, adalah kesempatan yang diberikan kepada kita untuk memiliki tahun-tahun tersebut, dan keinginan terbaik dalam hari ulang tahun ini adalah meminta kebijaksanaan untuk menjalaninya dengan penuh arti (Mazmur 90:12).

Semoga tulisan singkat ini membantu anda untuk merenungkan makna ulang tahun anda. Selamat ulang tahun!

Viewed 27831 times by 5729 viewers

2 Comments

  1. This is consider as a birthday present for me :)
    Thank you bang!

  2. your welcome :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *