Datangnya Roh Kebenaran dan Penghibur

Khotbah Minggu Pentakosta

Yohanes 16:5-15

Datangnya Roh Kebenaran dan Penghibur

Berikut adalah sebuah kisah nyata yang saya pernah baca. Ada seseorang yang bernama Samuel. Setelah pulang dari kebaktian mengenai mendengar suara Tuhan, Sam merasa dorongan yang besar untuk membeli susu. Dia lalu membeli 4 liter susu, sementara dia tahu bahwa dia adalah lactose intolerant. Dia berpikir, mungkin Allah yang bicara kepadanya.

Lalu dalam perjalanan pulang dia mengambil jalan lain dan melalui lingkungan yang tidak pernah dikenalnya. Lalu dia sampai di sebuah rumah kecil di ujung jalan. Samuel merasa mendapat dorongan untuk memberi susu ini kepada orang yang tinggal di rumah itu. Lalu Sam merasa bahwa dirinya mungkin sudah gila menyerah kepada suara di kepalanya dan mengetuk pintu rumah. Seorang laki-laki membuka pintu, lalu Sam berkata, “Maaf, mungkin ini kedengaran gila, anda tidak kenal siapa saya, tapi saya merasa bahwa saya harus membawa susu ini kepada anda.” Anak muda itu lalu menjawabnya, “Itu bukan gila, saya dan isteri saya baru berdoa untuk meminta makanan bagi bayi kami, dan dalam doa kami Allah berkata bahwa Dia akan memberi susu untuk anak kami.”

Dalam perjalanan pulang Sam menangis dan memuji Tuhan karena dia tahu bahwa kuasa Roh Kuduslah yang memimpin dia ke tempat itu.

Saudara-saudara terkasih,

Cerita ini mungkin terdengar terlalu klise, namun hal ini betul terjadi. Saya sendiri beberapa kali mengalami hal ini. Saya pernah bermimpi mengenai seseorang yang menangis, orang yang tidak mungkin akan ada dalam mimpi saya. Saya menemui orang tersebut dan dia menangis karena dia memang sedang mengalami masa yang paling sulit dalam hidupnya. Kami bercerita, lalu saya berdoa buatnya. Dia merasa dikuatkan dari percakapan kami dan tahu bahwa Tuhan tidak membiarkannya sendiri. Ini adalah kuasa Roh Kudus, bukan kuasa saya, atau dalam cerita pertama, bukan kuasa Samuel.

Roh Kudus adalah salah satu dari tiga rupa Allah. Hari ini kita memperingati Pentakosta, di mana Roh Kudus turun kepada para murid sesudah Tuhan Yesus naik ke surga. Pentakosta berarti lima puluh, artinya lima puluh hari sejak kebangkitan Kristus kita akan menerima Roh Kudus. Roh Kudus adalah Roh Allah, yang memimpin kita di bumi ini setelah Tuhan Yesus kembali ke Bapa. Roh Kudus adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam kehidupan kita sebagai orang Kristen. Dia adalah Roh Allah yang memimpin kehidupan kita sebagai orang percaya.

Pengakuan Iman Rasuli kita bagian ketiga mengatakan, Aku percaya kepada Roh Kudus, dan adanya suatu gereja yang kudus dan am, persekutuan orang kudus, pengampunan dosa, kebangkitan daging dan kehidupan yang kekal.” Semua bagian lain ditempatkan di dalam bagian Roh Kudus, karena memang itulah yang akan kita capai di dalam Roh Kudus. Para murid Tuhan Yesus bekerja dengan luar biasa karena Roh Kudus memimpin mereka. Gereja menjadi tubuh Kristus ketika Roh Kudus memimpinnya. Kita bisa berkumpul sebagai orang percaya juga adalah karya Roh Kudus.

Ada kedekatan yang luar biasa antara sang Anak dan Roh Kudus. Melalui Roh Kudus kita bisa mengenal Kristus. 1 Kor. 12:3 mengatakan “Tidak ada seorangpun yang dapat mengaku “Yesus adalah Tuhan”selain dari pekerjaan Roh Kudus.” Karena ini pula, setiap kita akan mendengarkan Firman Allah, kita selalu berdoa meminta bimbingan Roh Kudus. Kita percaya bahwa Roh Kudus akan memimpin hati kita di dalam pengenalan kita akan Kristus.

Kalau begitu apa arti dari hari Pentakosta untuk kita?

Pentakosta berarti kita mengingat kembali kedatangan Roh Kudus. Kadang-kadang kita menjadi alergi terhadap kata Roh Kudus atau Pentakosta karena mungkin ada yang mengaitkan Pentakosta dengan gereja Pentakosta. Saya ingat dulu nenek saya mengatakan bahwa pentakosta adalah sebuah agama lain hanya karena mereka menyanyi dengan musik keras, bertepuk tangan, dan berbahasa Roh dalam gereja. Buat saudara-saudara kita yang ke gereja Pentakosta, maka mereka juga akan melihat gereja kita sebagai gereja yang kurang Roh, kurang bersemangat.

Sebenarnya Roh Kudus adalah pribadi Allah yang sangat istimewa. Tanpa Roh Kudus, kita tidak akan bisa memahami apa maksud Allah dalam kehidupan kita. 1 Korintus 2:11 mengatakan, siapakah yang mengetahui isi jiwa seseorang selain roh orang itu sendiri. Maka untuk mengenal Alah, kita harus menerima Roh Allah.

Yohanes 16 adalah gambaran Tuhan Yesus sendiri mengenai Roh Kudus. Tuhan Yesus mengatakan bahwa setelah Dia pergi, murid-murid tidak akan ditinggalkan sendiri. Mereka akan menerima Roh Allah yang akan memimpin hidup mereka. Banyak nama yang diberikan untuk menggambarkan Roh Kudus, dan di sini kita lihat Tuhan Yesus menyebut Roh Kudus sebagai Penghibur dan Roh Kebenaran.

Saudara-saudara, apa artinya ini buat kita? Apa arti Roh Kudus bagi kehidupan kita?

Pertama, Tuhan Yesus menyebut Roh Kudus sebagai penghibur , Counsellor dalam terjemahan Inggris (NIV) dan pleitbezorger dalam NBV. Kata penghibur adalah terjemahan dari paracletos (παράκλητος).  Kata ini bisa juga diterjemahkan dengan, seseorang yang menghibur, yang memberi semangat, menyegarkan, atau menjadi perantara. Jadi sebenarnya fungsi dari parakletos lebih dari sekedar menghibur.

Ketika seseorang mengucapkan pengakuan imannya bahwa Kristus adalah Tuhan dalam hidupnya, Roh Kuduslah yang menolong dia mengatakan hal itu. Tanpa Roh Kudus, kita tidak bisa menjadi orang percaya. Tanpa Roh Kudus gereja kita tidak akan berjalan. Roh Kudus adalah penolong yang juga memimpin hidup kita kalau kita mengundangnya.

Saya membayangkan seperti apa kira-kira Roh Kudus ini dalam dunia modern? Meskipun gambaran saya ini tidak akurat, namun saya bisa bercerita mengenai sebuah karakter yang dikenal dunia internet dan facebook, yang mungkin bisa menjelaskan fungsi dari paraclete. Dr. Bruce Banner adalah seorang ilmuwan yang terkena sinar radiasi percobaannya sendiri. Dia kemudian memiliki pribadi kedua di dalam dirinya, yang akan muncul kalau dia sedang marah atau tertekan. Kemarahan akan membuat Bruce Banner berubah menjadi makhluk hijau besar kuat yang dinamakan Hulk. Bruce tidak pernah tahu apa yang dilakukan Hulk, namun ketika dia berada dalam kesulitan dia tahu hanya Hulk yang mungkin bisa membawanya keluar dari masalah. Bruce sendiri tidak selalu suka kepada Hulk karena Hulk tidak bisa dikontrol. Bruce mencoba keluar dari masalahnya sendiri, namun yang sering terjadi adalah Hulk yang mengeluarkannya dari masalah. Lalu apa hubungannya Roh Kudus dengan Hulk?

Bayangkan ada sebuah pribadi lain yang tinggal di dalam kita. Pribadi ini akan menolong kita ketika kita berada dalam masalah, mungkin bukan dengan mengubah kita menjadi makhluk hijau besar kuat dan jelek seperti Hulk, atau membawa kita ke dalam masalah seperti harus mencari baju baru karena baju lama robek ketika kita berubah menjadi Hulk; namun sebuah pribadi yang siap membantu kita. Dia ada di dalam kita, dan kadang kalau dia muncul kita tidak dapat mengontrol tindakan kita sendiri. Hasil yang dilakukan pribadi ini selalu baik, namun kita tidak selalu puas karena kadang-kadang kita bisa dirugikan secara duniawi; misalnya kekurangan uang karena tidak korupsi, dianggap ketinggalan zaman karena masih pergi ke gereja setiap hari Minggu, atau mungkin karena kita tidak suka untuk mengasihi dan mengampuni orang yang bersalah kepada kita.  Ya, Roh ini membuat menolong kita untuk melakukan pekerjaan yang tidak selalu kita sukai – paling tidak sebagai manusia yang memiliki ego dan keinginan duniawi. Roh Kudus, adalah seperti penolong yang baik, lebih baik dari pribadi Hulk yang diam di dalam diri Dr. Bruce Banner.

Ini adalah sebuah rahasia yang akan saya bagi buat kita semua. Anda semua punya Hulk – Roh Kudus yang punya kuasa luar biasa dalam diri anda. Ketika anda dalam kesulitan anda harus membiarkan Pribadi Allah ini yang bekerja dan memimpin diri anda. Bagaimana anda bisa mengeluarkan senjata rahasia ini?

Rahasianya adalah dengan mengundang Dia memimpin langkah kita. Mulailah hari anda dengan doa dan mintalah bimbingan Roh Kudus. Hal ini mungkin terdengar abstrak tetapi nyata. Pernahkah anda merasa bahwa anda perlu melakukan sesuatu tanpa bisa menjelaskannya; lalu hal itu membawa pertumbuhan iman, atau menolong orang lain tanpa anda sadari? Pernahkah anda merasa perlu melakukan sesuatu setelah saudara berdoa? Usul kongkret saya adalah, kalau saudara memiliki waktu pribadi di pagi hari, maka bacalah overdenking, atau renungan harian, atau sumber renungan di internet, lalu catat semua hasil perenungan anda di dalam sebuah buku. Semua hal ini kemudian anda uji, dan kemudian anda akan mulai bisa mengenali suara Roh Kudus dalam hati anda. Anda akan terkejut mengenai hal yang bisa anda capai dalam saat teduh saudara.

Inilah hal kedua yang bisa menjadi pelajaran kita hari ini, bahwa Roh Kudus adalah Roh Kebenaran yang akan memberitahu kepada anda apa yang perlu, dan bagaimana kita bisa memuliakan Tuhan. Roh Tuhan adalah Roh Kebenaran (ay. 13-14). Namun, sekali lagi, tidak semua dari kita menyukai kebenaran. Kadang, kebenaran itu menyakitkan sehingga kita lebih suka hidup dalam kebohongan. Kadang kita menyebutnya sebagai hikmat. Tetapi ini sebenarnya bukan hikmat. Karena tidak mau terlambat pergi ke pesta anda menyebutkan pakaian pasangan anda cocok dengan dirinya supaya dia berhenti tukar baju. Untuk menghindari tekanan boss anda di tempat kerja, akhirnya anda mengiyakan semua perintahnya yang meminta anda untuk berbohong. Karena tidak mau berdebat dengan anak tentang dari mana bayi lahir, maka ada cerita mengenai burung pelikan yang mengantar bayi di depan pintu.

Roh Kudus akan memimpin kita untuk mengatakan kebenaran, dan memuliakan Tuhan. Ketika saudara mendengar sesuatu di dalam khotbah hari ini, maka itu adalah karunia Roh Kudus bukan karena saya. Ketika saya berkhotbah, seringkali saya merasa khotbah yang saya buat sudah cukup baik, namun justru respons yang saya terima biasa saja. Sering ketika saya sudah berusaha mempersiapkan dengan baik, namun tidak bisa, dan akhirnya saya menyerahkan semuanya kepada Roh Kudus, respons justru sangat baik. Di saat seperti itu saya justru semakin yakin bahwa itulah kuasa Roh Kudus.

Ketika anda mengundang Roh Kudus hadir dan berkuasa dalam diri anda, maka Roh Kudus akan menghibur saudara, memberi kekuatan, dan memimpin saudara kepada kebenaran untuk memuji Tuhan. Saat ini kita betul-betul memerlukan kuasa Roh untuk memberi hikmat kepada kita melaksanakan apa yang menjadi kehendak Allah. Marilah kita undang kuasa Allah agar Regio Schiedam/Dordrecht bisa menjadi semakin berkembang dan menerima api Roh sehingga penuh semangat dalam melayani Tuhan! Amin.

 

Pinksterdienst

Bijbellezing: Johannes 16:5-15

De komst van de Trooster en de Geest van de Waarheid

Geliefde broeders en zusters in Jezus Christus,

 

Hieronder volgt een waar verhaal dat ik eens gelezen had. Er was eens iemand die Samuel heette. Toen hij thuis kwam van de kerk waarin gepreekt werd over de stem van God horen, voelde Sam een grote drang om melk te kopen. Hij kocht daarna 4 liter melk, ofschoon hij wist dat hij lactose intolerant was. Hij dacht dat God misschien tegen hem gesproken had.

Op de terug weg naar huis nam hij een andere weg door een wijk die hem onbekend was. Toen kwam hij aan een klein huis aan het eind van de weg. Samuel voelde een drang om de melk aan de bewoner van het huis te geven. Sam voelde alsof hij gek werd om toe te geven aan die stem in zijn hoofd en tikte aan de deur van het huis. Een man opende de deur, toen zei Sam: ”Neem mij niet kwalijk, dit klinkt misschien erg gek, u weet niet wie ik ben, maar ik voel een drang om deze melk aan u te geven.” De jongeman antwoordde: “Het is niet gek, ik en mijn vrouw hebben net gebeden voor voedsel voor onze baby en in ons gebed zei God dat Hij melk zou brengen voor ons kind. ”

Op weg naar huis huilde Sam en prees God omdat hij wist dat de Heilige Geest hem geleid had naar deze plaats.

Geliefde broeders en zusters,

 

Dit verhaal klinkt misschien erg clichématig, maar dit is werkelijk gebeurd. Ik heb zelf zoiets vaak ondervonden. Ik had eens gedroomd van iemand die huilde, iemand die onmogelijk in mijn droom kon voorkomen. Ik ging naar de betreffende persoon toe en zij huilde omdat zij zich werkelijk in de moeilijkste situatie van haar leven bevond. Wij spraken en daarna ik bad voor haar. Zij voelde zich gesterkt door dit gesprek en wist dat God haar niet alleen zou laten. Dit is de macht van de Heilige Geest, niet mijn macht, of in het eerste verhaal, niet de macht van Samuel.

De Heilige Geest is één van de 3 gedaanten van God. Vandaag gedenken wij Pentakosta, waarbij de Heilige Geest op de leerlingen neerdaalt nadat Jezus ten hemel voer. Pentakosta betekent vijftig, dit betekent: 50 dagen na de opstanding van Jezus zullen wij de Heilige Geest ontvangen. De Heilige Geest is de Geest van God, die ons op aarde leidt nadat Jezus terug gegaan is naar de Vader. De Heilige Geest is één van de belangrijkste fasen in ons leven als een Christen. Hij is de Geest van God die ons leven leidt als gelovige.

In het derde deel van onze geloofsbelijdenis staat:  Ik geloof in de Heilige Geest, en het bestaan van één heilige, algemene, christelijke kerk, de gemeenschap der heiligen, vergeving van de zonden, opstanding van de doden, en een eeuwig leven.“ De andere delen zijn geplaatst in het deel van de Heilige Geest, omdat dit inderdaad is wat we zullen bereiken in de Heilige Geest. De leerlingen van Jezus Christus werken buitengewoon hard omdat de Heilige Geest hen leidt. De kerk wordt het lichaam van Christus als de Heilige Geest deze leidt. Dat wij bij elkaar als gelovigen kunnen komen is ook door het werk van de Heilige Geest.

Er is een buitengewone overeenkomst tussen het Kindeke en de Heilige Geest. Door de Heilige Geest kunnen we Christus kennen. 1 Kor 12:3 zegt: “..en niemand kan ooit zeggen:’Jezus is de Heer’ behalve door toedoen van de Heilige Geest.” Daarom ook, ieder keer dat we naar het Woord van God luisteren, bidden we altijd om de leiding van de Heilige Geest te vragen. We geloven dat de Heilige Geest ons hart zal leiden in onze kennismaking met Christus. Als het zo is, wat betekent Pinksteren dan voor ons?

Pinksteren betekent dat we er weer aan herinnerd worden aan de komst van de Heilige Geest. Soms worden we allergisch van het woord  ”de Heilige Geest” of “Pentakosta” omdat misschien Pentakosta in verband wordt gebracht met de  Pentakosta kerk.  Ik herinner mij vroeger dat mijn grootmoeder ooit zei dat Pentakosta een andere kerk is alleen omdat ze met harde muziek zingen, in de hand klappen, tongen taal spreken in de kerk. Voor onze broeders van de Pantekosta kerk zijn wij als een kerk die te weinig Geest bevat, niet enthousiast zijn.  

In werkelijkheid is de Heilige Geest een bijzondere persoonlijkheid van God. Zonder de Heilige Geest kunnen we de bedoeling van God in ons leven niet bevatten. 1 Korintiërs 2:11 zegt, wie is in staat de mens te kennen behalve de geest van de mens? Dus om God te kennen moeten we de Geest van God ontvangen.

Johannes 16 is een beeld van Jezus Christus zelf als de Heilige Geest. Jezus Christus zei dat nadat Hij weggegaan is, de leerlingen niet verlaten zullen worden. Ze zullen de Geest van God ontvangen die hun leven zal leiden. Er zijn veel namen gegeven om de Heilige Geest te beschrijven, en hier zien we dat Jezus Christus de Heilige Geest als de Trooster en de Geest van de Waarheid noemt.

 

Broeders en zusters, wat betekent dit voor ons? Wat betekent de Heilige Geest voor ons leven?

Ten eerste, Jezus Christus noemt de Heilige Geest als de Trooster, Counseler in het Engels en pleitbezorger in de NBV. De Trooster is een vertaling van paracletos (παράκλητος). Dit woord kan vertaald worden als een persoon die troost, die bezielt, die verfrist of die bemiddelt. Dus de functie van een  paracletos is meer dan alleen maar troosten.

Als iemand zijn geloof beleidt en zegt dat Christus God is in zijn leven, is het de Heilige Geest die hem helpt dit te zeggen. Zonder de Heilige Geest kunnen we geen gelovigen worden. Zonder de Heilige Geest kan onze kerk niet bestaan. De Heilige Geest is onze Helper die ook  ons leven leidt als we Hem uitnodigen.

Ik wil mij een voorstelling maken van wat de Heilige Geest in de moderne tijd ongeveer uit kan  zien. Ofschoon mijn voorstelling niet accuraat kan zijn, kan ik wat vertellen over een bekende karakter uit de wereld van internet en facebook, die misschien de functie van paraclete kan verklaren. Dr. Bruce Banner was een bekende wetenschapper die tijdens een van zijn experimenten geraakt werd door een hoge dosis radiatie.  Hierdoor kreeg hij een andere  gedaante als hij boos werd of onder hoge spanning kwam. Door zijn boosheid veranderde Dr. Bruce Banner in een grote sterke groene schepsel die de Hulk werd genoemd. Bruce zal nooit weten wat door de Hulk werd gedaan, maar als hij zich in moeilijkheden bevond wist hij dat de Hulk hem uit zijn problemen kon helpen. Bruce zelf hield niet altijd van de Hulk omdat de Hulk niet gecontroleerd kon worden. Bruce probeerde zich zelf uit zijn problemen te redden, maar wat vaak plaats vond was dat de Hulk hem uit de problemen hielp.  Dus wat is het verband tussen de Heilige Geest en de Hulk?

Stel dat er een andere persoonlijkheid in ons verblijft. Deze persoonlijkheid zal ons helpen als we in problemen komen, mogelijk niet door ons te veranderen in een grote sterke groene lelijke creatuur zoals de Hulk, of ons in de problemen te brengen om nieuwe kleren te zoeken omdat onze kleren gescheurd zijn toen we in de Hulk veranderden; maar een persoonlijkheid die gereed staat om ons te hulp te schieten. Hij is in ons, en soms als hij verschijnt, hebben we geen controle meer over onze eigen daden. Het resultaat van het handelen van deze persoonlijkheid is altijd goed, maar we zijn niet altijd tevreden omdat het soms naar aardse begrippen nadelig uitpakt voor ons, bij voorbeeld: we hebben geldgebrek omdat we geen corruptie willen plegen, niet meer van deze tijd worden beschouwd omdat we ieder zondag naar de kerk gaan, of misschien omdat we niet graag mensen liefhebben of vergeven, die ons verkeerd hebben bejegend. Ja, deze Geest helpt ons iets uit te voeren waar we niet van gediend zijn – op zijn minst als een mens die wereldse ego en verlangens heeft. De Heilige Geest is als een goede redder, veel beter dan de Hulk die zich in Dr. Bruce Banner bevindt.

Dit is een geheim dat ik met ons allen deel. Jullie hebben allen een Hulk – de Heilige Geest die een onvoorstelbare macht heeft over jullie zelf. Als jullie in moeilijkheden zijn moeten jullie toelaten dat deze persoonlijkheid van God  in jullie werkt en jullie leidt. Hoe kunnen jullie deze geheime wapen te voorschijn halen?

Het geheim is om Hem uit te nodigen om onze stappen te leiden. Begin je dag met gebed en vraag de leiding van de Heilige Geest. Het klinkt abstract maar het is tastbaar. Hebt u ooit het gevoel gehad dat u iets moet doen zonder dit te kunnen uitleggen; waarna uw geest verrijkt wordt, of iemand anders helpen zonder dat u hiervan bewust bent? Hebt u ooit het gevoel gehad iets te doen nadat u gebeden heeft? Mijn concrete voorstel aan u is om Overdenkingen te lezen of de dagelijkse overdenkingen of overdenkingen uit het internet, en daarna het resultaat van deze overdenkingen op te schrijven in een schrift. Dit alles kunt u later controleren en dan begint u de stem van de Heilige Geest in uw hart te herkennen. U zult schrikken wat u dan in uw vrije tijd kan bereiken.

Het tweede deel dat we vandaag kunnen leren is, dat de Heilige Geest ook de Geest van de Waarheid is die u zal doorgeven wat nodig is en hoe we God kunnen eren. De Geest van God is de Geest van de Waarheid (vers 13-14).  Maar, nogmaals, niet iedereen zullen van de waarheid houden. Soms is de waarheid zo pijnlijk dat we beter in de leugen willen leven. Soms beschouwen we deze als zegen. Maar dit is in werkelijkheid geen zegen. Omdat we niet te laat willen komen op een feest zeggen we dat de kleren van onze partner haar goed past omdat we niet willen dat ze weer wat anders past. Om de druk van uw baas op uw werk te voorkomen stemt u uiteindelijk met hem in om te liegen. Om een debat met uw kind te voorkomen over de vraag vanwaar een baby komt, vertelt u over de ooievaar die de baby voor de deur brengt.

De Heilige Geest zal ons leiden om de waarheid te zeggen en om God te eren. Als u iets in deze preek hoort, is dit een zegen van de Heilige Geest en niet door mij. Als ik preekt, vind ik dat mijn preek die ik gemaakt heb, reeds goed is, maar de respons is maar gewoontjes. Vaak als ik bezig ben om mijn preek goed voor te bereiden, maar niet slaag, en ik ten einde raad alles maar over laat aan de Heilige Geest, is de respons juist erg goed. Op zulke ogenblikken ben ik er meer van overtuigd dat dat de macht is van de Heilige Geest.

Als u de Heilige Geest uitnodigt in u aanwezig te zijn en in u te heersen, zal de Heilige Geest u troosten, u kracht geven, en u leiden naar de waarheid om God te eren. Momenteel hebben we werkelijk de macht van de Heilige Geest nodig om ons wijsheid te geven om te doen wat de wil van God is. Laat ons de macht van God uitnodigen  opdat region Schiedam-Dordrecht zich verder zal ontwikkelen en het vuur van de Geest ontvangt om zich met veel enthousisme te storten in de bediening van God!  Amen

 

Viewed 30420 times by 9029 viewers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *